Peringati Maulid Nabi, Kemenag Kab. Pasuruan Ajak Pegawai Teladani Akhlak Nabi

Kab. Pasuruan (Inmas) – Dalam rangka merayakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H/2023 M, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan mengadakan kegiatan Pembacaan Sholawat Nabi dan siraman Rohani di Aula Al Ikhlas Kantor Kemenag Kab. Pasuruan. Kamis, 12 Oktober 2023.

H. Syaikhul Hadi menegaskan dalam sambutannya bahwa acara Maulid Nabi Muhammad SAW ini jangan hanya dijadikan sebuah perayaan secara formalitas saja, akan tetapi hendaknya peringatan ini dijadikan momentum bersama untuk meneladani akhlak baginda Rasulullah Muhammad SAW sekaligus menjadi pendorong kita sebagai ASN yang baik, disiplin, bertanggung jawab dan patuh pada aturan, perundang undangan dan kebijakan yang ada.

“Muhammad SAW merupakan sosok ideal dan layak dijadikan panutan dan tauladan dalam segala aspek. Maka dari itu, perayaan ini yang sepatutnya kita lakukan adalah mampu meneladani sifat-sifat beliau sebagai Rasulullah sehingga kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik dalam menjalani kehidupan sehari-hari,” kata Ka Kemenag Syaikhul Hadi..

“Tugas ASN yang tidak kalah penting adalah melaksanakan tugas, fungsi kewajiban sesuai dengan kebijakan yang ada. ASN itu pelayan publik, melayani masyarakat sebagai wakil pemerintahan di tengah tengah masyarakat dengan baik, berintegritas dan profesional di segala lini”, ujarnya.

Pada kesempatan mulia ini, KH. Najib Muhammad, akrab disapa Gus Najib dari Pondok Pesantren Al – Madinah, Denanyar – Jombang dihadirkan untuk menjadi penceramah tausiyah acara yang di ikuti oleh Keluarga Besar Kantor Kemenag Kab. Pasuruan, Dharma Wanita Persatuan (DWP), IGRA dan RA. Perwanida.

Dalam tausiahnya, Gus Najib sapaan akrabnya mengajak seluruh pegawai di lingkungan Kantor Kemenag Kab. Pasuruan untuk selalu mencintai Rasulullah SAW dengan meneladani akhlaknya dan memperbanyak bersholawat kepada Rasulullah SAW.

“Sebagai umatnya, kita dapat mengambil banyak pelajaran dari sifat, akhlak dan kepribadian baginda Rasuluillah Muhammad SAW. Rasulullah adalah contoh yang sempurna dalam hal akhlak dan etika. seperti kesabaran, kejujuran, kebaikan hati, dan keadilan yang dimiliki oleh Rasulullah. Ini dapat memberikan pengajaran tentang bagaimana kita juga harus berusaha untuk mengembangkan sifat-sifat tersebut dalam kehidupan sehari-hari, baik di masyarakat maupun lingkungan kerja,” dawuhnya.

Selain sholawat dan ceramah agama, juga dilaksanakan pembacaan Maulid Nabi bersama dengan iringan Al Banjari dari MTsN 1 Pasuruan, juga turut memeriahkan tampilan kreasi anak dari siswa MIN 1 dan MIN 2 Pasuruan dan pengundian door prize dari DWP Kemenag Kab. Pasuruan. (humas)